Jumat, 14 Januari 2011

my litlle bussines..

Bisnis. Apa yang kamu ketahui tentang bisnis??
Penanaman modal atau investasi??? Mendapat keuntungan dari modal yang ditanamkan??? Bangkrut karena gagal???
Dalam usia saya yang baru 18tahun ini, alhamdulillah saya sudah mulai memahami dan menekuni yang namanya bisnis. Saya belajar dari teman-teman saya yang sudah lebih dulu menggeluti bisnis kecil-kecilan ini. Bisnis yang saya tekuni adalah berjualan pulsa.
Mungkin terdengarnya gampang dan mudah dijalani, tapi sebenarnya tidak semudah itu kita dapat menjalankan bisnis ini dengan mudah. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan dan dipikirkan sebelum bisnis kecil-kecilan ini saya jalankan.
Modalnya memang tidak terlalau besar, begitu pula dengan untungnya, paling dalam satu transaksi hanya mendapat Rp 1000,00. Itupun sebenarnya tidak untung bulat Rp1000,00. Karena harga pulsa yang sebenarnya bisa selisih dari Rp 50,00 – Rp 500,00. Karena itu, bisnis ini harus teliti dan tekun supaya dapat berjalan dengan lancar, dan keuntungan bisa berlipat ganda.
Tapi menurut saya, yang paling penting itu adalah, pasar konsumen yang kita miliki. Paling tidak kita harus mempunyai 2-3 pasar konsumen yang mau dan setia membeli pulsa di kita.
Kenapa??
Karena sekarang ini sudah banyak sekali yang berjualan pulsa model elektrik seperti ini, walaupun dengan harga yang berfariasi. Dan bisa jadi pasar konsumen yang kita andalkan, juga diandalkan sebagai pemasukan oleh counter pulsa lainnya.
Walaupun begitu, Alhamdulillah saya lancar menjalani bisnis kecil-kecilan ini. Sampai sekarang saya mempunyai 5-6 pasar konsumen yang hampir setiap minggu memberi pemasukan ke kantong saya.
Memang untungnya memang tak sebesar yang diharapkan, tapi paling tidak, keuntungan kecil-kecilan itu sudah cukup untuk menambah uang perminggu yang diberikan oleh orang tua saya. Paling tidak, cukup untuk menambah uang fotocopyan catatan saya, dan uang bensin ke kampus.
Mungkin hanya itu yang bisa saya ceritakan, seandainya saya mempunyai pengalaman terbaru, pasti akan saya posting kembali di blog ini. Tunggu saja ya . . . .hhehehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar