Jumat, 14 Januari 2011

Ilmu Budaya Dasar

Ilmu Budaya Dasar adalah ilmu yang mempelajari tentang masalah yang ada di masyarakat, tenetang kebudayaan, tentang adat-istiadat, dan lain-lain. Selain itu Ilmu Budaya Dasar juga mempunyai tujuan, yaitu :
1. Untuk menyelesaikan masalah yang terjadi di masyarakat luas.
2. Melatih sebagai calon pemimpin.
3. Untuk menciptakan pemimpin bangsa yang tidak bersifat kedaerahan.
4. Untuk meningkatkan kepekaan siswa terhadap lingkungan sekitar.
Selain dipelajari untuk tujuan-tujuan di atas, IBD juga mempelajari tentang kehidupan pribadi manusia. Contohnya, kehidupan tentang percintaan, saling kasih mengasihi, dan keadilan.
I. Kasih
Kasih adalah suatu perasaan, atau suatu sikap yang ingin memberi kepada seseorang yang tidak mampu. Tapi, tidak selalu kepada orang yang tidak mampu kita bisa memberi perasaan kasih, tapi juga terhadap orang yang dekat dengan kehidupan kita, misalnya orang tua, kakak-adik, saudara sepupu, ataupun teman dan sahabat.
II. Cinta
Cinta adalah perasaan yang sangat ingin memiliki satu sama lain, dan memberi yang terbaik kepada sesuatu yang kita cintai. Cinta akan selalu mewarnai kehidupan kita. Entah dari cinta kita terhadap orang tua kita, ataupun cinta terhadap pasangan kita dan pekerjaan kita.
Walaupun begitu, cinta juga bisa jadi petaka bagi manusia. Karena ketika kita kehilangan salah satu cinta yang biasa kita dapatkan, maka di saat itu kita akan merasa sangat kehilangan dan perasaan itu pasti sangat menggangu kenyamanan hidup kita.
III. Adil
Adil adalah suatu sikap yang tidak memihak kepada siapapun atau bisa dibilang tidak berat sebelah. Adil sangat diperlukan untuk menghadapi dunia ini. Selain itu, tanpa sikap adil, dunia ini akan menjadi kacau dan tidak benar aturannya.
IV. Kebenaran
Kebenaran erat kaitannya dengan adil. Jika adil sudah diterapkan, maka kebenaran yang sebenarnya akan tercipta. Dengan kebenaran pula, kita akan tahu antara yang mana yang benar dan salah.
V. Keindahan
Indah adalah sesuatu yang kita sangat sukai karena melihatnya. Jika kita melihat sesuatu yang indah, maka kita akan merasa bahagia dan senang.
Keindahan tidak hanya datang dari alam, tapi juga dapat diciptakan oleh manusia. Contohnya adalah lukisan, patung, seni musik dan lain-lain.
Itu semua adalah contoh keindahan yang sangat umum. Bahkan ada beberapa pendapat bahwa keindahan tidak hanya datang dari alam ataupun ciptaan manusia, tapi datang dari berupa manusia itu sendiri, yaitu para wanita.
MASALAH KEBUDAYAAN
Di mata kuliah IBD, akan membahas banyak tentang permasalah yang ada di masyarakat. Tidak hanya membahas tentang masalah masyarakat yang bersifat umum, tapi tentunya juga bersifat khusus.
Masalah yang bersifat umum antara lain adalah masalah kebudayaan, masalah ras, masalah bahasa, masalah keagamaan, dan lain-lain.
· Masalah Kebudayan
Ada banyak masalah kebudayaan yang dialami di Indonesia, misalnya kebudayaan yang dirampas oleh negeri tetangga, masalah pelestarian kebudayaan yang mulai dipertanyakan masa depannya, ataupun masalah zaman modern yang mulai melupakan kebudayaan bangsa timur yang dimiliki oleh Indonesia.
Sebenarnya, jika ditelusuri semua masalah diatas memiliki keterikatan satu sama lain. Sebagai contoh, seandainya budaya kita lebih dilestarikan dan ditunjukkan lebih menonjol kepada masyarakat internasional, agar masyarakat internasional tahu tentang kebudayaan kita.
Dan seandainya kebudayaan kita dapat dikembangkan dan dilestarikan lebih baik lagi, maka secara otomatis masyarakat internsional akan mengetahui hal tersebut dan tidak akan terjadi pengakuan hak cipta budaya seperti yang dilakukan oleh negeri tetangga.
· Masalah Ras
Menurut saya, masalah ini tidak perlu di besar-besarkan sampai sedemikian rupa, karena menurut saya pada zaman dahulu masalah ini tidak terlalu menonjol. Contoh saja pada saat masa penjajahan. Semua masyarakat bersatu, entah dari golongan mana, ataupun ras mana. Yang jelas mereka hanya membela 1 nama yaitu, Indonesia.
Walaupun begitu, akhir-akhir ini memang sering muncul konflik yang mengatas namakan masalah ras. Seharusnya mereka yang terlibat konflik harusnya sadar, betapa kesatuan dan persatuan sebenarnya amatlah penting di zaman yang modern ini. Dan mereka harusnya juga malu terhadap pahlawan yang membela tanah air di masa lalu di zaman penjajahan, para pahlawan kompak berperang dan mengusir para penjajah.
· Masalah Bahasa
Bahasa terkadang menjadi konflik, padahal masalah bahasa sudah ada yang menegahi atau sudah ada jalan keluarnya. Bahasa Indonesia adalah bahasa yang seharusnya sudah diketahui dan dimengerti oleh seluruh masyarakat Indonesia. Jadi, menurut saya masalah perbedaan bahasa sebnernya tidak perlu dibesar-besarkan seperti halnya masalah yang lainnya.
· Masalah Keagamaan
Mungkin masalah inilah yang seharusnya mendapat perhatian lebih. Akhir-akhir ini banyak sekali konflik dan perseturuan yang terjadi antara umat beragama. Entah karena memang mereka memegang teguh pendirian agamanya, ataupun mereka yang hanya bersifat sok jagoan.
Seharusnya mereka sebagai umat beragama, mengerti dan saling memahami antara kepentingan umat beragama. Yang agamanya yang sama, ataupun yang berbeda.
Setahu saya sebagai mahasiswa, sebenarnya setiap agama harusnya mempunyai sikap toleransi. Dan setahu saya juga, seharusnya ada sikap saling menghargai antar umat beragama.
Mungkin sikap-sikap itulah yang harusnya dimengerti dan dipahami oleh masyarakat Indonesia yang “hobi”nya hanya memerangi masyarakat beragama yang lain.
Bukankah hidup damai itu lebih indah bukan??
MANUSIA
Manusia adalah mahluk ciptaan Tuhan Y.M.E yang paling sempurna, yang paling indah, tapi juga paling mudah durhaka dan paling mudah merusak apa yang diciptakan Tuhan Y.M.E.
Kenapa bisa begitu???
Bisa demikian karena manusia adalah satu-satunya ciptaan Tuhan yang mempunyai akal dan pikiran, yang paling pintar dan selalu ingin tahu. Tapi terkadang rasa ingin tahu tersebut-lah yang menjadikan manusia sebagai mahluk yang paling mudah merusak.
Karena dengan rasa ingin tahu tersebut, manusia akan memperlakukan flora dan fauna yang juga merupakan ciptaan Tuhan seenaknya sendiri. Entah dijadikan bahan percobaan, ataupun dipenuhi untuk memenuhi keperluan hidup manusia itu sndiri.
Sebagai contoh, penebangan hutan adalah yanh paling umum dan sering terjadi. Penebangan hutan secar liar dan tidak menggunakan aturan akan menjadika hutan gundul, dan menjadi penyebab utama banjir sering terjadi.
Lalu pemburuan hewan liar, yang menjadikan hewan tersebut menjadi langka, bahkan sampai ada yang punah dan tidak dapat dijumpai lagi di seluruh pelosok dunia ini.
Untuk menyelesaikan masalah ini, harus ada kesadaran dari manusia itu sendiri, akan pentingnya menghargai sesama mahluk hidup. Dan melestarikan flora-fauna yang sudah terancam punah. Dan yang terpenting adalah bagaimana cara merawat dan memelihara flora-fauna tersebut, karena tanpa mereka, kita tidak akan bisa hidup dengan kebutuhan yang tercukupi.
Pada umunya manusia terdiri dari 4 unsur,yaitu :
· Jasad
Jasad adalah sesuatu bagian manusia yang berupa fisik. Dapat disentuh, dapat di pegang dan bentuknya nyata.
· Roh
Roh adalah bagian dari manusia yang berupa non-real. Tidak dapat disentuh atau dipegang. Bagi masy. terdahulu, ada yang menganggap roh sebagai sesuatu yang dapat disembah.
· Kesadaran diri
Kesadaran diri adalah bagian sifat dari manusia, yang sadar akan hal-hal yang sudah dilakukan dan hal-hal yang sudah terjadi pada diri manusia tersebut.
· Hayat
Hayat adalah bagian dari manusia yang juga non-real.
Manusia dibedakan menjadi tiga jika menurut pribadi, yaitu :
· I.D (identitas diri)
Identitas diri adalah hal yang paling dasar yang diakui dan dimengerti oleh manusia. Seperti contohnya nama, alamat, umur dan sebagainya. Identitas diri menunjukkan siapa manusia tersebut.
· Insting
Insting manusia sama sepertinya hewan, tetapi manusia masih dibatasi oleh akal dan pikiran. Jadinya manusia masih memiliki sopan santun dan tata krama dalam menggunakan instingnya.
· Ego
Manusia memiliki Ego, mementingkan diri sendiri. Bersifat lebih mementingkan diri sendiri daripada orang lain. Atau paling tidak, mementingkan keluarganya dibanding keluarga lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar